Templates by BIGtheme NET

Anak Beru

Anak beru ialah pihak keluarga laki-laki yang kawin atau mengambil anak perempuan suatu keluarga. Contoh : keluarga A kawin dengan anak perempuan keluarga B, maka keluarga A menjadi anak beru keluarga B. Padahal sebelumnya keluarga B tentu telah memiliki anak beru secara berjenjang atau menuntut tingkatan.

Golongan anak beru yang sama dengan golongan kalimbubu dalam hal jenjang atau tingkatan derajat berdasarkan keturunan. Oleh karena itu untuk anak beru juga diberi nama sesuai dengan jenjang/tingkatannya untuk dapat membedakan satu dengan yang lain.

Anak beru menurut jenjang dan tingkatannya:

Anak Beru Taneh

Golongan anak beru yang ikut mendirikan suatu kampung. Anak beru demikian disebut juga anak beru Singian Rudang. Anak beru taneh yang telah begitu lama kejadiannya, tetapi mendapat nama penghormatan kepada generasinya di dalam suatu kampung.

Anak Beru Tua

Anak beru langsung dari empung. Tapi lambat Iaun anak beru tua tersebut dinyatakan ialah anak beru setingkat nenek. Anak beru tersebut tetap dihargai termasuk saudara anak dan cucunya

Anak Beru Sincekuh Baka Tutup

Anak beru langsung dari ayah, dalam arti anak laki-laki dari saudara perempuan kandung ayah. Dinamakan golongan ini anak beru sincekuh baka tutup disingkat sincekuh baka, artinya dia tidak sungkan dan ada larangan mengambil apa saja di rumah kalimbubunya. Baka artinya suatu tempat penyimpanan barang berharga, jadi istilah itu merupakan suatu kiasan saja. Menurut biasanya anak beru demikian telah dua kali mengambil beru dari kalimbubunya tersebut.

Anak Beru Iangkip atau Anak Beru Iperdemui

Golongan anak beru langsung karena terjadinya perkawinan. Selama ini mungkin kedudukannya bukan sebagai anak beru, tetapi setelah mengawini anak perempuan suatu keluarga, maka dalam keluarga itu dia menjadi anak beru iangkip atau anak beru iperdemui.

Selain golongan anak beru yang telah dikemukakan tersebut dilihat dari kedudukannya ada lagi anak beru yang namanya lain. Anak beru tersebut adalah :

  • Anak beru menteri (menteri asal katanya minteri) yaitu anak beru dari anakberu itu sendiri.
  • Anak beru singikuri (singikuri asal katanya singukuri) yaitu anak beru dari anak beru menteri.

Pilar Budaya Karo © Mejuahjuah.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.