Templates by BIGtheme NET

Sang Legenda : Johny Sembiring

Catatan : Joy Harlim ‘Nonink’ Sinuhaji

” SAYA JOHNY SEMBIRING ” adalah judul sebuah Cerita Bersambung pada terbitan perdana harian ibukota koran PRIORITAS tahun delapan puluhan. Kisah sang legenda tersebut sangat diminati masyarakat ibukota pada waktu itu,serta dapat mendongkrak oplah koran tersebut dalam waktu yang sangat singkat.Dan dapat eksis sejajar dengan harian ibukota lainnya seperti koran KOMPAS, JAKARTA POS, dll. Inilah cikal bakal lahirnya salah satu group media terbesar Indonesia saat sekarang ini yakni MEDIA INDONESIA pimpinan bapak SURYA PALOH. Belakangan kisah legendaris tersebut diterbitkan dalam bentuk buku/novel dengan judul ANTARA TEMBOK DAN TUHAN.

JHONY SEMBIRING adalah legenda Indonesia. Preman intelek yang pernah mampu mengelabui Perdana Menteri MALAYSIA untuk mendapatkan uang pada tahun enam puluhan saat terjadinya ketegangan politik antara Indonesia dan Malaysia.

Setelah menjalani hidup beberapa kali penjara akhirnya beliau bertobat dan membuka kantor konsultan di Kebun Sirih Jakarta. Beliau menawarkan jasa konsultasi dan Debt Colector serta Mediator atas Wan Prestasi dan Hutang Piutang. Didalam waktu yang sangat singkat kantor beliau pada waktu itu adalah salah satu kantor yang paling ramai diminati masyarakat kota Jakarta untuk dimintakan jasa dan konsultasinya. Hal ini lah yang membuat banyak yang iri kepada beliau terutama para petinggi di negara ini.

Secara tidak sengaja saya bertemu dengan beliau ketika sama-sama duduk berdampingan sebagai tamu VIP saat menonton pagelaran mengenang KOMPONIS NASIONAL DJAGA DEPARI di Balai Sidang Senayan jakarta. Karena kebetulan punya hubungan famili dan memang aku mengidolakan beliau aku gunakan ertutur dengan maksimal.

JHONY SEMBIRING menguasai bahasa JAWA, SUNDA, TAPANULI, MANDARIN, JERMAN, BELANDA dan INGGRIS, dia sangat cerdas. Situasi jakarta pasca revolusi kemerdekaan tahun 1950 memaksa beliau menjalani hidup sebagai preman.

Sejak bertemu dan ertutur dengan beliau aku sering berhubungan dengan beliau melalui telepon. Pernah beberapa kali beliau mengirimkan bantuan dana untuk berbagai kegiatan yang kami laksanakan dengan teman-teman di kota Berastagi.

Berita yang paling memilukan tentang beliau adalah ketika beliau ditemukan meninggal dunia sangat mengenaskan secara dibunuh. Sampai detik ini kasus tersebut masih sangat mengganggu saya secara psikis…he….he…he….!!!!

Saya merasa mencurigai siapa dibalik pembunuhan tersebut…he..he..he..!!!!

Satu bulan sebelum kematiannya.Beliau terlibat berpolemik di berbagai harian ibukota,tentang profesi yang dilakoninya.Yang pada waktu itu adalah suatu profesi yang masih sangat baru dan beliau merupakan pelopornya di Indonesia yakni sebagai DEBT COLECTOR. Banyak petinggi di negara ini yang merasa tidak nyaman dan telibat berurusan dengan beliau karena praktek berkelakuan tidak baik.

Beliau terlibat berpolemik di berbagai harian ibukota dengan beberapa orang jenderal. Padahal waktu itu regim pemerintahan adalah regim pemerintahan militer zaman ORDE BARU. Dengan sedikit pun tidak gentar beliau menjelaskan bahwa profesi yang beliau jalankan sebagai DEBT COLECTOR adalah profesi yang sangat mulia dengan tanpa melakukan kekerasan sebagaimana halnya militer.

Ungkapan tersebut mengakibatkan banyak para petinggi militer di negara ini merasa terusik dan tersinggung. Hal ini lah yang menurut aku yang menjadi penyebab kematian beliau.saya curiga beliau dibunuh oleh militer yang sampai saat ini masih belum terungkap.

Adakah diantara kita yang merasa bertanggung jawab dan punya akses untuk mengungkapkan kasus ini……he…he….he…!!!!

Adakah diantara kita si rutang pusuh untuk mengungkapkan siapa PARA BEDEBAH dibalik kasus pembunuhan bang JHONY SEMBIRING….!!!??????

Saya akan berikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap mereka yang perduli dengan kasus ini he….he…he……..!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.